Hal Yang Harus Di Persiapkan Dalam Seleksi Polri

19.49
Persiapkan Dalam Seleksi Polri

Menjadi polisi mungkin adalah cita-cita sebagian orang, maka dari itu banyak warga Indonesia yang mengikuti bimbel polri agar lebih mudah dalam proses seleksi yang mereka ikuti. Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah institusi yang bertugas dalam Sektor Kamdagri (Keamanan Dalam Negeri) meliputi Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada Masyarakat. Kegiatan yang di lakukan sebagai polisi membutuhkan keahlian dan skill tertentu sehingga mereka menyediakan sekolah khusus yang terdiri dari 3 golongan sekolah yaitu Golongan Tamtama, Bintara, dan Perwira. Perlu diketahui dalam proses seleksi penerimaan anggota Polri, ada beberapa jenis tes yang harus dilewati oleh peserta seleksi, maka dari itu mari kita bahas satu-satu apa saja persiapan dasar sebelum mengikuti seleksi Polisi.

1. Administrasi

Ini adalah proses yang sangat umum di lakukan di berbagai macam proses seleksi calon anggota baru. Adapun dokumen administratif yang harus kamu persiapkan antara lain adalah: legalisir ijazah, Rumus Sidik Jari, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), KTP, KK, dan data diri personal lainnya.

2. Medical Check up

Sebagai seorang polisi, memiliki kondisi badan yang sehat dan kuat adalah sebuah kewajiban. Ada baiknya kamu melakukan cek kesehatan secara pribadi terlebih dahulu yang bisa dilakukan di RS Bhayangkara masing-masing. Ada beberapa Cek kesehatan yang di lakukan pada tahap awal pada saat kamu menjalankan proses seleksi nanti yaitu adalah: cek fisik secara luar seperti bentuk kaki, THT, mata, dll. Pada tahap kedua adalah cek kesehatan organ dalam kita seperti Torak, cek darah, urine, jantung, dll. Maka dari itu selalu jaga kesehatanmu agar menjalani cek kesehatan lebih mudah.

3. Ujian Psikologi

Untuk tahap seleksi ini kamu bisa melatih dirimu dengan latihan soal psikologi yang banyak di jual di toko buku. Kamu juga bisa mencari pelatihan digital learning seputar psikologi di internet. Beberapa tes yang sudah kamu ikuti juga dapat kamu jadikan tambahan referensimu dalam menjawab soal.

4. Persiapan Tes Fisik

Fisik merupakan faktor yang cukup penting dalam menjalani kegiatan kepolisian. Biasanya, tes fisik yang di lakukan merupakan Lari 12 menit, Sit Up, Push Up, Pull Up, Chinning Up (Untuk Perempuan), Shuttle Run (Lari angka 8), hingga renang sepanjang 20 Meter. Kamu bisa latih fisik kamu sendiri secara mandiri agar lebih siap untuk menghadapi tes fisik yang di berikan.

5. Persiapan Akademis

Untuk ujian akademis secara umum ada 3 hal yang akan di ujian yaitu bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan pengetahuan umum. Untuk tes ini kamu pasti sudah sering menjalaninya pada saat Ujian Nasional SMA. Kamu bisa membuka kembali pelajaran di sekolah dulu untuk mengingatnya.

Itu 5 hal yang harus di persiapkan apabila kamu ingin menjadi polisi, apabila kamu memiliki waktu luang cobalah untuk melakukan olah raga atau belajar bahasa Inggris online untuk tetap mengasah skill kamu juga sebagai bekal untuk tes nanti.

0 komentar